Herdiansyah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mengenal Jurusan Matematika

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Awalnya yang aku tahu matematika itu hanyalah belajar menghitung, bagaimana membolak-balikkan rumus, serta logika.  Padahal masih banyak lagi yang masih belum ku ketahui tentang matematika. Apalagi sekarang aku sudah jadi anak mahasiswa, bahkan aku tidak tahu seperti apa sih matematika dalam perkuliahan itu dan seperti apa pembelajaran jurusan matematika dalam perkuliahan, apakah sama seperti waktu di SMA? Iya tentunya beda . nah karena aku penasaran sama jurusan ini, aku telusuri terus bersama mbah google. Ternyata susah juga cari keyword yang cocok dengan apa yang aku cari dan akhirnya aku menemukan sebuah artikel yang menurut aku bagus banget dan sesuai dengan apa yang ingin aku cari.

 

 Jadi jurusan matematika itu >>>

Di tahun-tahun awal perkuliahan, kita akan mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika dasar, matematika diskrit, aljabar linier, statistika elementer, dan perkuliahan umum seperti agama, bahasa Indonesia, dan mata kuliah wajib dari Fakultas MIPA seperti fisika, biologi, dan kimia. Ya, kami masih mengerti tentang ilmu alam lainnya.

Masa-masa yang paling enak adalah ketika kita sudah memasuki tahun ke-3, karena di tahun tersebut kita sudah boleh mengambil mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minat kita. Peminatan di Departemen Matematika UI ada 5, yaitu:

  1. Murni
    Matematika murni mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Menurut saya ini yang paling susah diantara semuanya karena berbagai ilmu matematika murni yang rumit akan dipelajari disini, makanya saya selalu salut kepada teman-teman yang mengambil peminatan murni. Bagi saya mereka sangat hebat..😀 Tapi jangan salah, lulusan murni mempunyai prospek kerja yang bagus seperti yang akan saya jelaskan di bawah.
  2. Statistika
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Disini kita akan mempelajari berbagai ilmu statistika yang sangat seru seperti analisis data, teknik sampling, time series, multivariat, dll.
  3. Komputasi
    Kuliah komputasi sangat menarik untuk dipelajari karena disini kita akan belajar bagaimana ilmu matematika diaplikasikan ke dalam bidang komputer. Sejatinya, berbagai ilmu komputer berasal dari ilmu matematika, maka mahasiswa matematika akan mendapatkan keuntungan ketika mengambil kuliah tersebut dalam hal logika komputasi yang sudah terbentuk dengan baik.
  4. Aktuaria
    Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.
  5. Riset operasi
    Riset operasi adalah cabang interdisiplin dari matematika terapan dan sains formal yang menggunakan model-model matematika dan statistika untuk mendapatkan nilai optimal atau nyaris optimal pada sebuah masalah yang kompleks. Riset operasi bertujuan membantu manajemen mendapatkan tujuannya melalui proses ilmiah.

PROSPEK JURUSAN MATEMATIKA

Bidang pekerjaan matematika sangat luas, hampir seluruh ilmu lainnya membutuhkan matematika.

1.  Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri.

2.  Statistikawan dapat menjadi seorang peneliti yang menganalisa hasil eksperimen dan survey.

3.  Ahli komputer lulusan matematika dapat menjadi pengembang software yang kini merupakan salah satu bisnis yang sangat prospektif di Indonesia dan dunia.

4.  Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi untuk menghitung premi dan memaksimumkan keuntungan perusahaan asuransi.

5.  Terkahir, ahli riset operasi dapat bekerja membantu manajemen perusahaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan risiko minimal melalui proses ilmiah.

 

Nah itulah hasil yang aku dapat dari pencarian di google. Sejak membaca artikel ini aku lebih tahu apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. Dan tentang prospek kerja jurusan matematika ini membuat aku semakin yakin bahwa pilihanku ini tidak salah. Aku akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalani perkuliahan di jurusan matematika dan mendapat hasil yang memuaskan agar bisa membuat kedua orang tuaku bahagia😉.

sumber…

Posted in Jas Merah Kampus Putih

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.