Herdiansyah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kota Kelahiranku

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Saya lahir di kalimantan selatan, Banjarmasin, tepatnya di Barabai. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tahu tentang kalimantan selatan, tapi mungkin ada juga yang belum tahu tentang Kalimantan Selatan. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang makanan khas Kalimantan selatan. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda, nah begitu juga dengan Kalimantan selatan yang memiliki banyak makanan khas, diiantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Soto Banjar

Soto, bagaimanapun juga adalah menu yang paling umum ditemukan di seluruh Indonesia. Namun soto banjar ini berbeda dengan soto-soto yang ada di lainnya di Indonesia, soto banjar tidak menggunakan nasi, melainkan menggunakan ketupat.

Salah satu keunikan dari makanan ini adalah kebiasaan menikmati soto banjar sambil diiringi dengan sate. Secara umum soto banjar ini ada dua macam dari tampilan kuahnya yaitu soto banjar yang kuahnya agak keruh dan soto banjar yang kuahnya Nampak bening. Kalau yang keruh itu pakai tambahan susu atau creamer.

  1. Ketupat Kandangan

Makanan yang satu ini agak unik karena bukan asli dari Banjarmasin, tapi berasal dari kota kandangan Kalimantan selatan, tapi di Banjarmasin sendiri terkenal sebagai makanan khas ketupat kandangan yang terbuat dari beras yang dijadikan ketupat dengan cara dimasukan kedalam anyaman daun kelapa terus dikukus. Kemudian lauknya sendiri pakai ikan gabus yang dipanggang atau direbus atau bisa juga dengan telur rebus. Dan kuahnya pakai kuah santan campur telur.

  1. Bingka Barandam

Secara harfiah arti dari bingka barandam adalah bingka yang direndam. Karana penyajiannyaa dalam air gula, bingka barandam adalah salah satu jenis makann Kalimantan selatan yang terbuat dari bahan utama tepung dan telur serta dinikmati dengan air gula. Maka tentu saja akan terasa manis, biasanya banyak dijumpai dibulan puasa seperti sekarang ini dan sering dijadikan sebagai makanan penutup.

  1. Apam Barabai

Apam barabai adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih. Teksturnya sangat lembut, sehingga enak dilidah.
Yang berwarna merah kecoklatan, gula yang digunakan adalah gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren. Yang warna putih pun tak kalah enak, rasanya juga manis, orang yang kurang suka aroma dan rasa gula merah bisa memilih apam yang putih ini.

  1. Iwak Karing Telang Masak Asam

Telang, adalah nama ikan asin yang populer di Kalimantan Selatan. Pengolahan yang paling sederhana adalah dengan cara di goreng. Paling pas adalah dicampur dengan sayur bening waktu makannya, siang hari pula.
Selain itu, yang juga nikmatnya bukan buatan adalah Masak Asam Telang. Cuma yang harus diperhatikan adalah tingkat keasinannya supaya pas. Beberapa orang memiliki teknik berbeda dalam mengolah Masak Asam Telang ini, tapi tetap saja, nikmat.

  1. Gangan Asam Banjar

Sayur berkuah asam alias gangan asam menjadi menu khas dalam khazanah kuliner urang Banjar. Gangan ini biasanya disertai lauk berupa haruan (gabus) atau patin. Di banua kita, sayur asam ini dikenal dengan sebutan gangan asam.

Kuah bersayur dengan warna kuning dan rasa agak asam, sesuai namanya ini, banyak disukai masyarakat Banjar dan warga pendatang. Paduan antara gurih, asam dan segar sangat menggugah selera. Apalagi jika bersantap siang hari, sepiring nasi diguyur dengan gangan asam, begitu sedap rasanya. Biasanya pula gangan asam dicampur dengan sayur dan lauk berupa ikan haruan atau patin.

  1. Kelelepon Martapura

Terkenal dengan sebutan Pacah di ilat yang artinya pecah di lidah tanpa perlu digigit. Kelelepon adalah salah satu makanan khas Banjar, khususnya di Kota Martapura Kab. Banjar kelelepon sudah menjadi ikon kota berjuluk serambi mekah ini. Ada suatu tempat dimana kita dapat dengan mudah mendapatkan kelelepon, sebut saja “Lampu merah Sekumpul” di sana akan mudah ditemui.

  1. Mandai

Banyak orang menyebutnya dengan nama jaruk mandai. Mandai berasal dari kulit nangka, kulit tiwadak, atau kulit tarap, ketiga buah ini mempunyai bentuk buah dan kulit yang sama. Buah nangka dan tiwadak yang biasanya kulitnya dibuang percumasetelah diambil bijinya untuk dimakan namun bagi urang banjar kulit buah ini diolah kembali dan dijadikan sebagai makan khas banjar yang menggiurkan.

kulit dari buah yang sudah matang dibersihkan kulit dari luarnya, daging kulit berserta daging yang menjuntai pengikat buah diambil, kemudian di taburi dengan garam dan didiamkan beberapa hari sampai garam itu meresap, setelah itu sudah siap untuk di buat bahan masakan. Biasanya kulit ini dapat tetap disimpan selama beberapa bulan dalam cairan garam.

mandai biasanya tidak dijual dipasaran, karena bisa dibuat sendiri dirumah, tapi khusus untuk mandai dari kulit nangka muda ada pembuatan khusus dengan cuka yang hanya bisa ditemukan di pasar-pasar traditional barabai, sayangnya mandai dari kulit nangka muda ini hanya dapat bertahan satu minggu.

 

Nah itu lah berbagai makanan khas dari Kalimantan selatan, sebenarnya masih banyak lagi makanan khas dari Kalimantan selatan tapi tiadak bisa disebutin satu satu. Bagi teman-teman yang belum pernah mencoba makanan khas Kalimantan selatan , silakan saja datang ke Kalimantan selatan dijamin ketagihan😀 .

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.