Herdiansyah

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

daerahuku kebanggaanku ‘malang’

October 18th, 2016 by Herdiansyah

sdfgbxdfgvbdfhxgvb

sdfhfgsdh

fsdhfghsdf Read the rest of this entry »

Posted in Uncategorized | No Comments »

Cara mudah menambahkan link di wordpress

June 21st, 2016 by Herdiansyah

Hai gan… kali ini saya akan ngepost tata cara bagaimana bikin link yang mudah dan cepat tapi khusus buat peserta PATI aja ya, kalo yang lain silakan liat, siapa tahu bisa dijadikan referensi untuk bikin link yang lain. yaudah gak perlu banyak bacot langsung saja ya ikuti langkah-langkahnya >>>> Read the rest of this entry »

Posted in Lain-lain | No Comments »

Tips Mengerjakan Soal Matematika

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Meskipun saya tidak jago-jago amat dibidang matematika, tapi saya punya sedikit tips nih buat temen-temen yang kesulitan kalau sedang ngerjain soal matematika. ok,,, tidak perlu panjang lebar, langsung saja saya kasih tahu tipsnya. semoga membantu ūüėÄ >>>

  1.   dalam mengahdapi soal, usahakan untuk tidak panic. bila panic maka pikiran tidak tenang sehingga tidak bisa berkonsentrasi mengerjakan soal.
  2. bila sudah panic duluan, tahan nafas, lima detik. Kemudian pejamkan mata, lalu mulai atur nafas pelan-pelan. Usahakan untuk konsentrasi terhadap soal. Pada hitungan kesepuluh buka mata dan mulailah kerjakan soal. Menurut saya, ini adalah terapi untuk melatih konsentrasi. ¬† Read the rest of this entry »

Posted in Lain-lain | No Comments »

Tips Hidup Hemat (¬ī‚Ć£` É∆™)

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Nah kali ini saya akan ngepost tentang tips bagai mana caranya untuk hidup hemat. Apalagi sekarang inikan teman-teman hidup sendiri dan jauh dari orang tua, pasti tidak ada yang bantu ngatur keuangan kita.

Ya udah jangan banyak bacot langsung saja, nih tipsnya simak baik-baik yo😀

>>>> Read the rest of this entry »

Posted in Lain-lain | No Comments »

Kampusku Kebanggaanku

June 11th, 2016 by Herdiansyah

 

Hai teman-teman, kali ini saya akan ngepost sedikit tentang kampus saya😀 . sebelumnya ada yang tahu nggak kampus saya apa?. Ya dari pada banyak yang nanya-nanya langsung saja nih saya post sedikit tentang kampus saya #walau Cuma copas😀

Ini dia kampus saya, baca sendiri aja yo >>

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berdiri pada tahun 1964, atas prakarsa tokoh-tokoh dan Pimpinan Muhammadiyah Daerah Malang. Pada awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Malang merupakan cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta dengan Akte Notaris R. Sihojo Wongsowidjojo di Jakarta No. 71 tang-gal 19 Juni 1963. Read the rest of this entry »

Posted in Jas Merah Kampus Putih | No Comments »

Mengenal Jurusan Matematika

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Awalnya yang aku tahu matematika itu hanyalah belajar menghitung, bagaimana membolak-balikkan rumus, serta logika.  Padahal masih banyak lagi yang masih belum ku ketahui tentang matematika. Apalagi sekarang aku sudah jadi anak mahasiswa, bahkan aku tidak tahu seperti apa sih matematika dalam perkuliahan itu dan seperti apa pembelajaran jurusan matematika dalam perkuliahan, apakah sama seperti waktu di SMA? Iya tentunya beda . nah karena aku penasaran sama jurusan ini, aku telusuri terus bersama mbah google. Ternyata susah juga cari keyword yang cocok dengan apa yang aku cari dan akhirnya aku menemukan sebuah artikel yang menurut aku bagus banget dan sesuai dengan apa yang ingin aku cari.

 

 Jadi jurusan matematika itu >>>

Di tahun-tahun awal perkuliahan, kita akan mempelajari mata kuliah dasar seperti matematika dasar, matematika diskrit, aljabar linier, statistika elementer, dan perkuliahan umum seperti agama, bahasa Indonesia, dan mata kuliah wajib dari Fakultas MIPA seperti fisika, biologi, dan kimia. Ya, kami masih mengerti tentang ilmu alam lainnya.

Masa-masa yang paling enak adalah ketika kita sudah memasuki tahun ke-3, karena di tahun tersebut kita sudah boleh mengambil mata kuliah pilihan yang sesuai dengan minat kita. Peminatan di Departemen Matematika UI ada 5, yaitu:

  1. Murni
    Matematika murni mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam. Menurut saya ini yang paling susah diantara semuanya karena berbagai ilmu matematika murni yang rumit akan dipelajari disini, makanya saya selalu salut kepada teman-teman yang mengambil peminatan murni. Bagi saya mereka sangat hebat..😀 Tapi jangan salah, lulusan murni mempunyai prospek kerja yang bagus seperti yang akan saya jelaskan di bawah.
  2. Statistika
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Disini kita akan mempelajari berbagai ilmu statistika yang sangat seru seperti analisis data, teknik sampling, time series, multivariat, dll.
  3. Komputasi
    Kuliah komputasi sangat menarik untuk dipelajari karena disini kita akan belajar bagaimana ilmu matematika diaplikasikan ke dalam bidang komputer. Sejatinya, berbagai ilmu komputer berasal dari ilmu matematika, maka mahasiswa matematika akan mendapatkan keuntungan ketika mengambil kuliah tersebut dalam hal logika komputasi yang sudah terbentuk dengan baik.
  4. Aktuaria
    Bagi yang bercita-cita untuk menjadi aktuaris, maka ini adalah pilihan yang cocok. Aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan ilmu matematika, keuangan, dan teori statistika untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis aktual. Salah satu pekerjaannya adalah bagaimana menentukan rate premi asuransi.
  5. Riset operasi
    Riset operasi adalah cabang interdisiplin dari matematika terapan dan sains formal yang menggunakan model-model matematika dan statistika untuk mendapatkan nilai optimal atau nyaris optimal pada sebuah masalah yang kompleks. Riset operasi bertujuan membantu manajemen mendapatkan tujuannya melalui proses ilmiah.

PROSPEK JURUSAN MATEMATIKA

Bidang pekerjaan matematika sangat luas, hampir seluruh ilmu lainnya membutuhkan matematika.

1.  Matematikawan dari bidang murni dapat menjadi seorang dosen dan peneliti untuk memecahkan permasalahan bisnis, pendidikan, dan industri.

2.  Statistikawan dapat menjadi seorang peneliti yang menganalisa hasil eksperimen dan survey.

3.  Ahli komputer lulusan matematika dapat menjadi pengembang software yang kini merupakan salah satu bisnis yang sangat prospektif di Indonesia dan dunia.

4.  Aktuaris saat ini sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan asuransi untuk menghitung premi dan memaksimumkan keuntungan perusahaan asuransi.

5.  Terkahir, ahli riset operasi dapat bekerja membantu manajemen perusahaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan risiko minimal melalui proses ilmiah.

 

Nah itulah hasil yang aku dapat dari pencarian di google. Sejak membaca artikel ini aku lebih tahu apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. Dan tentang prospek kerja jurusan matematika ini membuat aku semakin yakin bahwa pilihanku ini tidak salah. Aku akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalani perkuliahan di jurusan matematika dan mendapat hasil yang memuaskan agar bisa membuat kedua orang tuaku bahagia😉.

sumber…

Posted in Jas Merah Kampus Putih | No Comments »

Kota Kelahiranku

June 11th, 2016 by Herdiansyah

Saya lahir di kalimantan selatan, Banjarmasin, tepatnya di Barabai. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang tahu tentang kalimantan selatan, tapi mungkin ada juga yang belum tahu tentang Kalimantan Selatan. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang makanan khas Kalimantan selatan. Setiap daerah pasti memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda, nah begitu juga dengan Kalimantan selatan yang memiliki banyak makanan khas, diiantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Soto Banjar

Soto, bagaimanapun juga adalah menu yang paling umum ditemukan di seluruh Indonesia. Namun soto banjar ini berbeda dengan soto-soto yang ada di lainnya di Indonesia, soto banjar tidak menggunakan nasi, melainkan menggunakan ketupat.

Salah satu keunikan dari makanan ini adalah kebiasaan menikmati soto banjar sambil diiringi dengan sate. Secara umum soto banjar ini ada dua macam dari tampilan kuahnya yaitu soto banjar yang kuahnya agak keruh dan soto banjar yang kuahnya Nampak bening. Kalau yang keruh itu pakai tambahan susu atau creamer.

  1. Ketupat Kandangan

Makanan yang satu ini agak unik karena bukan asli dari Banjarmasin, tapi berasal dari kota kandangan Kalimantan selatan, tapi di Banjarmasin sendiri terkenal sebagai makanan khas ketupat kandangan yang terbuat dari beras yang dijadikan ketupat dengan cara dimasukan kedalam anyaman daun kelapa terus dikukus. Kemudian lauknya sendiri pakai ikan gabus yang dipanggang atau direbus atau bisa juga dengan telur rebus. Dan kuahnya pakai kuah santan campur telur.

  1. Bingka Barandam

Secara harfiah arti dari bingka barandam adalah bingka yang direndam. Karana penyajiannyaa dalam air gula, bingka barandam adalah salah satu jenis makann Kalimantan selatan yang terbuat dari bahan utama tepung dan telur serta dinikmati dengan air gula. Maka tentu saja akan terasa manis, biasanya banyak dijumpai dibulan puasa seperti sekarang ini dan sering dijadikan sebagai makanan penutup.

  1. Apam Barabai

Apam barabai adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan atau putih. Teksturnya sangat lembut, sehingga enak dilidah.
Yang berwarna merah kecoklatan, gula yang digunakan adalah gula merah, sehingga rasanya sangat khas, gurih dan manis, aromanya pun memiliki aroma yang kuat dari gula aren. Yang warna putih pun tak kalah enak, rasanya juga manis, orang yang kurang suka aroma dan rasa gula merah bisa memilih apam yang putih ini.

  1. Iwak Karing Telang Masak Asam

Telang, adalah nama ikan asin yang populer di Kalimantan Selatan. Pengolahan yang paling sederhana adalah dengan cara di goreng. Paling pas adalah dicampur dengan sayur bening waktu makannya, siang hari pula.
Selain itu, yang juga nikmatnya bukan buatan adalah Masak Asam Telang. Cuma yang harus diperhatikan adalah tingkat keasinannya supaya pas. Beberapa orang memiliki teknik berbeda dalam mengolah Masak Asam Telang ini, tapi tetap saja, nikmat.

  1. Gangan Asam Banjar

Sayur berkuah asam alias gangan asam menjadi menu khas dalam khazanah kuliner urang Banjar. Gangan ini biasanya disertai lauk berupa haruan (gabus) atau patin. Di banua kita, sayur asam ini dikenal dengan sebutan gangan asam.

Kuah bersayur dengan warna kuning dan rasa agak asam, sesuai namanya ini, banyak disukai masyarakat Banjar dan warga pendatang. Paduan antara gurih, asam dan segar sangat menggugah selera. Apalagi jika bersantap siang hari, sepiring nasi diguyur dengan gangan asam, begitu sedap rasanya. Biasanya pula gangan asam dicampur dengan sayur dan lauk berupa ikan haruan atau patin.

  1. Kelelepon Martapura

Terkenal dengan sebutan Pacah di ilat yang artinya pecah di lidah tanpa perlu digigit. Kelelepon adalah salah satu makanan khas Banjar, khususnya di Kota Martapura Kab. Banjar kelelepon sudah menjadi ikon kota berjuluk serambi mekah ini. Ada suatu tempat dimana kita dapat dengan mudah mendapatkan kelelepon, sebut saja ‚ÄúLampu merah Sekumpul‚ÄĚ di sana akan mudah ditemui.

  1. Mandai

Banyak orang menyebutnya dengan nama jaruk mandai. Mandai berasal dari kulit nangka, kulit tiwadak, atau kulit tarap, ketiga buah ini mempunyai bentuk buah dan kulit yang sama. Buah nangka dan tiwadak yang biasanya kulitnya dibuang percumasetelah diambil bijinya untuk dimakan namun bagi urang banjar kulit buah ini diolah kembali dan dijadikan sebagai makan khas banjar yang menggiurkan.

kulit dari buah yang sudah matang dibersihkan kulit dari luarnya, daging kulit berserta daging yang menjuntai pengikat buah diambil, kemudian di taburi dengan garam dan didiamkan beberapa hari sampai garam itu meresap, setelah itu sudah siap untuk di buat bahan masakan. Biasanya kulit ini dapat tetap disimpan selama beberapa bulan dalam cairan garam.

mandai biasanya tidak dijual dipasaran, karena bisa dibuat sendiri dirumah, tapi khusus untuk mandai dari kulit nangka muda ada pembuatan khusus dengan cuka yang hanya bisa ditemukan di pasar-pasar traditional barabai, sayangnya mandai dari kulit nangka muda ini hanya dapat bertahan satu minggu.

 

Nah itu lah berbagai makanan khas dari Kalimantan selatan, sebenarnya masih banyak lagi makanan khas dari Kalimantan selatan tapi tiadak bisa disebutin satu satu. Bagi teman-teman yang belum pernah mencoba makanan khas Kalimantan selatan , silakan saja datang ke Kalimantan selatan dijamin ketagihan😀 .

Posted in Uncategorized | No Comments »